Sabtu, 17 Mei 2014

Makalah Penelitian Kepuasan Pelanggan terhadap Tiga Perusahaan



MAKALAH
PENELITIAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP TIGA PERUSAHAAN
MATA KULIAH SISTEM MANAJEMEN MUTU


DOSEN : LEA EMILIA FARIDA, SE, MM

DISUSUN OLEH
ANNISA MAYANG SARI (A031300)
APRILIA KESUMA MASDA (A03130017)
FARIDA ANIAH (A03130021)
1B AKUNTANSI KONVENSIONAL

POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN
2013

KATA PENGANTAR


Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada  kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang bertema :
“PENELITIAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP TIGA PERUSAHAAN”
Kami menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Allah SWT dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini kami menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yangmembantu dalam pembuatan makalah ini.
Kami menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, kami telah berupayadengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya,  kami dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran danusul guna penyempurnaan makalah ini.
Akhirnya kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.


Banjarmasin , 12 Desember 2013


DAFTAR ISI


BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
2.      Rumusan Masalah
a.       Perusahaan apa saja yang di teliti ?
b.      Siapa yang menjadi narasumber ?
c.       Bagaimanakah perusahaan itu berjalan ?
d.      Masalah apa saja yang telah dihadapi perusahaan tersebut beserta solusinya ?
e.       Bagaimana tingkat kepuasan pelanggan terhadap perusahaan tersebut ?
3.      Tujuan Penulisan
a.       Untuk memenuhi tugas mata kuliah sistem manajemen mutu.
b.      Untuk mengetahui biografi perusahaan dan narasumber.
c.       Untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan perusahaan tersebut.
d.      Untuk mengetahui masalah beserta solusi yang dihadapi perusahaan tersebut.
e.       Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap perusahaan tersebut.


BAB II
PERUSAHAAN
1.     Perusahaan Jasa
a.       Profil Perusahaan
Nama Perusahaan  : Pencucian Rambo
Berdiri tahun                     : Juni 2012
Alamat                              : Jl. Manggalang No.2
Tipe jasa                            : Pembersihan Kendaraan
banyak karyawan  : 5 Orang
Jadwal buka                      : 07:00 – 18:00 WITA
Laba Kotor                        : Rp.700.000 – Rp. 1000.000 /hari
b.      Profil Narasumber
Nama                     : Nurdin
Pendidikan            : SMP
Jabatan                  : Pemilik Perusahaan

c.       Perjalanan singkat perusahaan
Berawal dari sebuah masalah ekonomi yaitu habisnya masa voucher atau modal sendiri yang masa aktifnya habis untuk usaha awal yaitu dagang kain. Di lanjutkan dengan perusahaan jasa yaitu jasa mengantar orang ( tukang ojek ). Karena penghasilan tidak mencukupi kebutuhan sehari – hari. Beliau berinisiatif untuk membuka usaha dagang yaitu jual makanan dan usaha jasa yaitu pencucian kendaraan.
Modal awal didapat dari sebuah pinjaman di Bank sebesar 50 juta rupiah. Sebagian modal dipakai untuk pembayaran hutang karena usaha yang dulu dan sebagiannya untuk membangun tempat usaha.
Tahun 2012 dibangunlah tempat khusus pencucian kendaraan , dari sepeda motor dan mobil . Yang perharinya ada 40 – 60 sepeda motor dan 10 mobil.

d.      Kegiatan Perusahaan
Mencuci kendaraan dari jam 07:00-18:00 WITA dengan ditangani 5 karyawan. Dalam jangka waktu 15 menit kendaraan sudah selesai dicuci. Dengan proses pembersihan dari penyemprotan air, lalu disabuni dan diberi produk anti gores untuk kendaraan yang dicuci.

e.       Masalah dan solusi Perusahaan dan Pelanggan
1.      Masalah dari Perusahaan
·         Cuaca
Jika sedang hujan, jarang ada pelanggan yang membutuhkan jasa pencucian, otomatis penghasilan berkurang
·         Karyawan
Karena karyawan diperusahaan ini rata-rata masih muda ( remaja) , dan bersifat labil. Yang kesalahannya datang terlambat dan bisa malas karena kesibukan lain. Jadi , pemilik perusahaan harus turun tangan membantu di pencucian.
·         Pelanggan
Ada beberapa pelanggan yang tidak ingat waktu, karena meninggalkan kendaraannya berhari-hari , dan menumpuk sehingga banyak memakan tempat di pencucian. Dan ini mempersempit tempat untuk pelanggan yang lain , yang membutuhkan jasa pencucian.

2.      Masalah dari Pelanggan
·         Tempat
Tempat pencucian kurang luas, dan ini mempersempit
                                    tempat  pencucian.

f.       Tingkat kepuasan pelanggan
No.
Nama
Pekerjaan
Persentanse
1.
Anwar Zair
Mahasiswa
100 %
2.
Nur Islamiyah
Mahasiwi
100 %
3.
Panca
Swasta
100 %
4.
Fati
Mahasiswi
100 %
5.
Nurhafizah
Mahasiswi
100 %
6.
Roni
Mahasiswa
100 %
7.
Ahul
Mahasiswa
100 %
8.
Firmansyah
Swasta
100 %


g.      Gambar – Gambar Perusahan Jasa












1.       Karyawan

2.      Kendaraan yang di Cuci



3.      Pemilik Perusahaan Jasa




4.      Usaha Sampingan







5.      Pelanggan






Tidak ada komentar:

Posting Komentar